3 Jenis Investasi yang Menguntungkan, Kamu Pilih yang Mana?


Apakah kamu sudah tidak asing dengan kata investasi? Lalu, apakah kamu sudah mencobanya? Investasi yang menguntungkan sangat perlu dilakukan jika kamu memang menginginkan financial freedom guna keuangan jangka panjang kamu.

Semakin dini kamu berinvestasi, maka semakin baik pula hasil yang akan kamu dapatkan dalam jangka panjang, karena hal tersebut dipengaruhi oleh efek compounding. Meskipun begitu, tentunya kamu juga harus bijak dalam memilih investasi yang menguntungkan apa yang akan kamu jalankan.

1.       Deposito Berjangka

Salah satu jenis investasi yang menguntungkan adalah Deposito Berjangka, yang merupakan deposito bank dengan tingkat bunga yang lebih tinggi daripada tabungan biasa. Deposito Berjangka memiliki tanggal jatuh tempo yang pasti dan jelas.

Jika kamu ingin mencairkan deposito sebelum tanggal jatuh tempo yang telah ditentukan, maka kamu akan dikenakan biaya penalti. Akan tetapi, jika deposito kamu memang sudah memasuki tanggal jatuh temponya, maka kamu memiliki hak untuk mencairkan dana tanpa adanya denda yang harus dibayarkan.

Semakin lama ataupun semakin besar uang yang kamu depositokan, maka semakin banyak juga bunga yang akan didapatkan dari hasil deposito. Deposito Berjangka seringkali dianggap sebagai salah satu bentuk investasi yang memiliki risiko rendah dan terbilang cukup aman.

Di samping itu, untuk melakukan investasi deposito juga terbilang cukup mudah dan tidak rumit, sehingga banyak investor pemula yang memulai investasinya dengan deposito.

2.       Saham

Investasi saham dapat dikatakan sebagai jenis investasi yang menguntungkan. Investasi saham biasanya berupa bentuk kepemilikan sebuah perusahaan.

Bila kamu memiliki saham di perusahaan, maka kamu berhak untuk mendapatkan bagian dari keuntungan yang didapatkan. Investasi saham cenderung menawarkan hasil yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan jenis investasi lainnya.

Akan tetapi, main saham akan bersifat high risk, high return. Investasi jenis ini berisiko tinggi untuk dijalankan, harga saham dapat naik dan turun sangat drastis dalam jangka waktu yang cepat.

Investasi saham juga dikategorikan dalam dua macam, yaitu saham dividen dan saham pertumbuhan. Saham pertumbuhan adalah saham di perusahaan yang berkembang pesat.

Namun, pertumbuhan saham tidak akan membayarkan penghasilan perusahaan kepada para investor. Perusahaan lebih suka menggunakan pendapatan mereka untuk mengembangkan bisnis, sehingga satu-satunya cara untuk mendapatkan keuntungan adalah dengan menjual saham kamu.

Sedangkan, dividen saham justru sebaliknya. Perusahaan akan membayar para pemegang saham dari pendapatan perusahaan. Semakin banyak saham dividen yang Anda miliki, maka semakin besar juga porsi dividen yang akan didapatkan.

3.       Peer-to-Peer Lending

Jenis investasi yang menguntungkan lainnya yaitu peer-to-peer lending. Bentuk investasi dari p2p lending paling menguntungkan, misalnya seperti Amartha, yang merupakan sebuah online platform di mana pinjaman dana dari pendana yang akan diberikan kepada UKM yang menjadi borrower.

Setiap pendana akan mendapatkan suku bunga efektif yang sangat kompetitif, hampir mencapai 21.32% per tahun. Investasi jenis ini juga memungkinkan investor untuk dapat memilih sendiri, tingkatan risiko yang mampu diterima, mulai dari low risk, medium, hingga high risk.

Setiap jenis risiko biasanya memiliki bunga kompetitifnya masing-masing. Berbeda dari jenis investasi lainnya, investasi yang menguntungkan dari Amartha juga memungkinkan kamu untuk dapat mulai mendanai hanya dengan Rp100.000.

Tentunya investasi jenis ini sangat cocok bagi para investor pemula untuk mulai belajar mengenai dunia investasi. Terlebih lagi, Amartha sudah terjamin keamanannya karena telah terdaftar secara resmi dan tentunya diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Selain itu, di saat Anda melakukan pendanaan, maka Anda juga secara tidak langsung turut membantu dalam perkembangan dunia UKM dan UMKM di Indonesia.

PT Amartha Mikro Fintek (Amartha), sebagai perusahaan teknologi finansial yang berfokus pada penyaluran modal usaha bagi UMKM, telah berhasil menjangkau satu juta perempuan pengusaha mikro di pedesaan melalui akses permodalan, dengan mempertahankan kualitas pinjaman yang sangat baik yang dibuktikan dengan perolehan NPL stabil di bawah 0,5% sejak Juni 2020.

Pencapaian ini merupakan hasil kolaborasi dengan banyak pihak, mulai dari pendana institusi dari sektor perbankan, hingga pendana individu yang telah menyalurkan pendanaannya lewat Amartha.

Untuk menjadi investor di Amartha ternyata ada syaratnya. Anda harus mengetahui syaratnya terlebih dahulu sebelum menjadi investor di platform ini. Syaratnya cukup mudah. Pertama, Anda harus memiliki rekening di bank. Kedua, Anda wajib memiliki akun di Amartha. Artinya, Anda harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu.

Pendaftaran dilakukan secara online dengan mengunduh aplikasinya. Jika Anda telah berhasil mendaftar sebagai investor di Amartha, Anda bisa mulai melakukan pendanaan dengan nilai minimum Rp 3 juta untuk investor perorangan.

Amartha memberlakukan syarat yang begitu mudahkan? Oleh karena itu, ini merupakan kesempatan bagi siapa saja yang ingin berinvestasi.

Yuk mulai mendanai!

Posting Komentar

4 Komentar

  1. Also, some printers measure in kilos produced in a given time versus millimeters printed in a given time. Some printers can get up to speeds of 300 mm/s and others can print 80 lbs/hr. 3D printing usually makes use of plastic CNC machining filament, although might also|you can even} print with steel and resin. Materials corresponding to fabric, paper, rocks, and wooden cannot be used for 3D printing outcome of|as a outcome of} they cannot be melted down and extruded by way of a 3D print nozzle. A caveat to fabric is that nylon may be printed {due to|because of|as a outcome of} its synthetic nature. NetFabb optimizes ready to|with the ability to|having the ability to} print quantity of} components of a whole concurrently and permits you to arrange them into your printer effectively.

    BalasHapus
  2. When it comes to selecting profitable investments, it's important to make informed decisions. It's crucial to consider factors such as risk tolerance, market trends, and potential returns. One useful resource to explore is "https://writemyassignmentforme.uk/cheap-assignment-help.php", where you can find valuable information to guide you through the investment process. Remember, thorough research and expert advice can significantly impact the success of your investments.

    BalasHapus
  3. You have a unique business idea and are willing to take calculated risks, starting your own business might be the best investment choice for you. When considering the best CIPD writing service UAE
    , it's crucial to evaluate these investment types and see which one aligns with your financial goals and risk tolerance.

    BalasHapus
  4. Informative article! Deposito Berjangka offers a secure investment with defined maturity dates, while stocks provide high returns but involve risks. Understanding the options helps make wise investment decisions for financial freedom.
    New Jersey Careless Driving Ticket

    BalasHapus