Membedakan Liontin Emas Asli dan Palsu

Karena menjadi salah satu perhiasan favorit, emas juga sering digunakan sebagai bahan investasi. Tak jarang orang membeli liontin emas digunakan untuk investasi maupun untuk digunakan sehari-hari. Namun perlu Anda ketahui bahwa saat ini banyak sekali perhiasan emas seperti liontin yang palsu dan tidak terbukti kemurniannya.

Bagi Anda yang ingin membeli liontin dengan bahan emas, maka Anda perlu memperhatikan beberapa perbedaan dari liontin bahan emas yang asli dan juga palsu. Bagaimana caranya? Nah berikut ini penjelasan mengenai perbedaan perhiasan emas asli dan juga emas palsu yang perlu diketahui.

Perbedaan Emas Asli dan Palsu

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, banyak saat ini perhiasan emas palsu yang dijual dipasaran. Maka dari itu, Anda perlu memperhatikan beberapa perbedaan liontin bahan emas yang asli dan juga palsu. Berikut ini perbedaan emas asli dan juga palsu yang perlu Anda ketahui.

Tidak Bersifat Magnetik

Perlu Anda ketahui bahwa liontin bahan emas asli tidak memiliki sifat magnetik, dimana ketika perhiasan emas didekatkan dengan medan magnet maka emas tersebut tidak akan bereaksi apapun.

Berbeda halnya dengan emas palsu. Biasanya emas palsu memiliki kandungan besi yang menarik magnet. Maka jika emas yang Anda miliki bereaksi terhadap magnet maka emas tersebut dapat dipastikan palsu dan tidak terbukti keasliannya.

Menghantarkan Panas

Liontin bahan emas yang asli mengandung sebuah logam emas yang dapat menghantarkan panas. Maka dari itu ketika Anda meletakan liontin bahan emas di tempat panas, maka liontin bahan emas tidak akan terasa panas sebab panas dari api akan langsung menyebar.

Berbeda halnya dengan perhiasan emas palsu yang mengandung bahan besi atau sejenisnya yang tentunya akan sulit menyebarkan panas. Maka dari itu ketika Anda meletakkan emas palsu ke atas api, maka emas atau perhiasan palsu tersebut akan terasa panas ketika dipegang dengan tangan.

Terdapat Tanda Fisik

Emas asli memiliki tanda fisik berupa jumlah karat yang terkandung pada perhiasan tersebut. Seperti halnya ketika Anda membeli liontin bahan emas asli maka Anda akan menemukan tanda fisik di bagian belakang liontin berupa kandungan emas yang ada pada liontin tersebut. Biasanya tanda fisik yang ada tertulis "24K" yang artinya liontin emas tersebut mengandung 24 karat emas.

Tips Membeli Emas Asli

Jika Anda tidak ingin tertipu dengan berbagai liontin bahan emas palsu, maka Anda perlu memperhatikan beberapa tips aman ketika akan membeli emas asli. Berikut ini tips untuk Anda dalam membeli perhiasan liontin bahan emas yang asli.

Beli di Toko Perhiasan Terpercaya

Bagi Anda yang ingin mendapatkan liontin bahan emas asli, pastikan Anda membelinya di toko perhiasan terpercaya. Jangan pernah Anda membeli perhiasan emas bukan dari toko perhiasan karena bisa saja Anda tertipu dengan perhiasan emas palsu.

Untuk memberikan rasa aman, Anda dapat langsung membeli perhiasan emas secara offline atau datang ke toko perhiasan tersebut. Hal itu akan lebih aman dibandingkan dengan membeli secara online karena Anda tidak dapat langsung melihat perhiasan emas yang akan dibeli.

Tidak Tergiur Harga Murah

Jika ada beberapa orang yang menawarkan Anda emas dengan harga murah, jangan pernah mau untuk membeli emas tersebut. Perhiasan emas asli memiliki harga yang sama rata untuk setiap gramnya. Oleh sebab itu, hindari membeli emas dengan harga murah dan tidak wajar yang biasa ditawarkan oleh orang yang tidak dikenal.

Nah setelah membaca beberapa penjelasan mengenai perbedaan liontin emas asli dan palsu tentunya Anda akan semakin paham untuk membedakan antara emas asli dan juga palsu. Tentu pastikan Anda membeli liontin bahan emas asli di The Palace Jeweler untuk mendapatkan emas berkualitas.

Posting Komentar

0 Komentar